SD Ku Nggeong''s

LAPORAN TUGAS
Dilaporkan oleh Ivan Katibul Faizi dan Lutfy Firman M.
Kunjungan ke Pabrik Tahu
Milik bapak K.asmuni salam
A.Pendahuluan
Pada hari rabu 14 April 2010, siswa-siswa kelas 5 SDIT Qurrota A’yun ponorogo melakukan kunjungan ke pabrik tahu.Tujuan dilakukan kunjungan ini adalah untuk pendidikan bisnis untuk siswa SDIT Qurrota A’yun.
Dipilihnya kunjungan ke oabrik tahu sebagai pengenalan kewiraswastaan untuk siwa SDIT Qurrota A’yun. Pabrik tahu berada di jalan merapi Ponorogo.Pemilik pabrik tahu ini bernama bapak K. asmuni salam.Bapak asmuni juga sebagai ketua RT disitu dan bapak asmuni kini sudah berumur 66 tahun.kegiatan pembuatan tahu ini turun-temurun dari nenek keluarga bapak asmuni. Pada kesempatan ini, kami sempat melihat proses pembuatan tahu secara langsung dan makan tahu bersama.
B.Hasil Kunjungan
Laporan ini kami focuskan pada kunjungan ke pabrik tahu,lokasi tempat ini sangat dekat dengan sekolah kami, sekitar 50-100 meter.Kegiatan membuat tahu ini dari nenek moyang mereka setekah kami melihat proses pembuatan tahu kami jadi tau cara buat tahu yaitu kedelai yang sudah direndam selama empat jam lalu dibersihkan, digiling, direbus sampai mendidih, disaring untuk memisahkan sari tahu dengan ampas tahu, lalu sari tahu itu diberi cuka tahu supaya mengembang lalu tunggulah sampai sari mengendap setelah itu air yang kotor dibuang lalu di cetak setelah itu kalau sudah mengeras dipotong setelah itu direndam pakai air biasa dan kalau sudah dingin siap goreng tetapi,kalau tahu masih panas kalau digoreng hasilnya jelek dan bewarna merah, Kami sangat bangga bisa melihat proses pembuatan tahu secara langsung, sampai-sampai temanku sangat menikmati tahu dan mendol buatan mereka.
C.Penutup
Banyak masyarakat Indonesia yang memiliki beragam pekerjaan contohnya bapak asmuni yang memiliki usaha tahu usaha itu harus tetap dijaga agar tetap lestari dan tidak punah.
  • SD Ku Nggeong''s
  • geong